Senin, 12 Maret 2012

7 Makanan Pendongkrak Sistem Kekebalan Tubuh





Semakin baik daya tahan tubuh, maka akan semakin kecil kemungkinan terserang penyakit. Pola makan yang baik tentu saja dapat memperkuat daya tahan tubuh serta mengurangi resiko terserang penyakit tertentu. Berikut ini makanan sehat yang dapat berfungsi sebagai penambah daya tahan tubuh, seperti dilansir melalui Boldsky, Senin (27/2).

Buah-buahan Citrus
Buah-buahan citrus, seperti jeruk, lemon, atau berries merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Buah ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk menghindari atau mengurangi flu dan batuk. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan citrus juga membantu mengatasi gangguan pernapasan Anda dan membantu tubuh untuk memproduksi sel darah putih maupun antibodi. Cobalah untuk konsumsi rutin jus jeruk atau air lemon hangat.

Jamur
Makanan kuno ini sudah diresepkan oleh nenek moyang kita untuk melawan hampir semua jenis penyakit. Jamur mengandung beberapa nutrisi penting bagi tubuh, yang membantu memproduksi sel-sel darah putih yang bertanggung jawab untuk membuat kekebalan tubuh meningkat dalam memerangi infeksi. Beberapa jenis jamur, seperti shitake, maitake and reishi, mengandung antibakteri yang dapat berfungsi sebagai anti tumor.

Bawang Putih
Tak salah untuk memasukkan bawang putih sebagai superfood. Mengonsumsi bawang putih sangat efektif untuk melawan kanker dan ampuh mengobati flu dan alergi. Bawang putih memiliki zat kimia yang disebut allicin, yang berperan sebagai anti-kuman dan meningkatkan produksi antibodi, sehingga efektif melawan segala jenis infeksi dalam tubuh. Seiris bawang putih setiap hari juga mampu mengurangi kadar kolesterol hingga 9 persen.

Yogurt
Yogurt mengandung bakteri baik yang bisa membunuh dan menekan jumlah bakteri jahat dalam perut dan saluran pencernaan, sehingga yogurt menjadi populer sebagai makanan penyembuh diare. Mengonsumsi yogurt secara teratur sangat berperan dalam menunjang kesehatan tubuh. Menurut sebuah penelitian, konsumsi dua cangkir yogurt setiap hari selama empat bulan dapat meningkatkan kekuatan tubuh untuk melawan sel kanker, terutama kanker paru-paru dan kanker kolon.

Kerang Laut
Berbagai macam makanan laut, seperti kerang dan tiram, mengandung zat kimia yang disebut selenium, yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih dan menjadi salah satu nutrisi anti-peradangan terbaik bagi tubuh.

Oat dan Biji-bijian lainnya
Makanan gandum utuh, seperti oat, barley, dan beras merah merupakan gudang vitamin B penting bagi tubuh, seperti vitamin B6, asam pantothenoic dan asam folat. Vitamin ini mendukung sistem kekebalan tubuh. Beta-glucan dalam vitamin B juga membantu tubuh melawan infeksi dan menyembuhkan luka lebih cepat.

Teh
Jika merasa dingin, seduhlah teh hangat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh, terutama teh hitam dan teh hijau, mengandung L-theanine yang merupakan asam amino yang meningkatkan imunitas. Penelitian lain juga menunjukkan Fitonutrien pada teh juga mendukung pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan. Fitonutrien bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri jahat di saluran pencernaan, seperti E. coli, Clostridium dan Salmonella, sehingga kerja bakteri baik tidak terganggu. Cukup konsumsi 4 cangkir teh hijau sehari untuk mendapatkan manfaatnya.


SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons