Minggu, 17 Oktober 2010

6 Nutrisi Penurun Berat Badan


Merry Wahyuningsih - detikHealth  

Jakarta, Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, banyak jenis makanan yang menjadi pantangannya. Tapi ada beberapa makanan yang justru dapat membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari USNews, Rabu (1/9/2010), berikut 6 jenis makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan:

1. Semangka  
Semangka banyak mengandung vitamin A dan C, juga mengandung lycopene yang dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung dan gangguan penglihatan yang berkaitan dengan usia. Satu cangkir semangka potong dadu hanya mengandung kurang dari 50 kalori. Artinya, selain sehat semangka juga tidak berbahaya bagi berat badan.  

2. Alpukat  
Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung, juga merupakan alternatif sehat untuk membantu menurunkan kolesterol buruk (LDL). Buah serbaguna ini juga dapat menurunkan berat badan. Asalkan makannya tidak ditambah gula, susu atau coklat.

3. Ubi jalar
Ubi jalar seukuran kepalan tangan dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian Anda dan juga menyediakan 4 gram serat. Selain itu, ubi jalar memiliki kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan kentang atau ubi lainnya, sehingga makanan ini dapat membantu menurunkan berat badan.

4. Ikan salmon  
Sama dengan lemak ikan seperti tuna, makarel, dan ikan trout danau, lemak ikan salmon merupakan sumber asam lemak Omega-3 yang telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan 160 kalori per 4 ons, salmon panggang atau kukus merupakan menu pilihan utama bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

5. Raspberry  
Satu porsi cangkir raspberry segar mengandung hanya 60 kalori. Ini merupakan salah satu hidangan penutup yang sehat dan membantu menjaga bentuk tubuh. Raspberry juga merupakan sumber vitamin B, flavonoid, serat dan vitamin C. 

6. Bawang  
Satu cangkir bawang cincang mengandung 60 kalori, yang baik untuk ukuran tubuh Anda. Menggunakan bawang dalam tumisan dan sup merupakan cara terbaik untuk mengintegrasikan kuersetin dalam makanan. Kuersetin diketahui memiliki anti inflamasi (peradanga) dan antioksidan, serta terbukti menjadi pelindung terhadap berbagai penyakit, termasuk kanker.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons