Peluang Usaha, Coba Saja !

Senin, 14 Februari 2011

Rumah di Atas Jurang, Elok Pun Mengerikan!



Tempat seperti apa yang Anda idam-idamkan untuk menjadi landasan rumah Anda nanti? Datar dan memiliki akses langsung ke pemandangan alam yang indah tentunya. Berbeda dengan orang pada umumnya, sepasang suami-istri menginginkan sebuah rumah yang dibangun di atas jurang, Oslo.

Bukan sembarang jurang, melainkan sebuah jurang terjal dengan ketinggian yang cukup membahayakan. Idenya adalah membuat rumah sederhana dengan budget terbatas pada suatu tempat yang ekstrim. Mereka ingin menginspirasi seperti desain rumah yang terlihat dalam sebuah film James Bond.

Untuk lebih detilnya, pasangan tersebut telah membeli tanah di dataran tinggi seluas 160 meter persegi yang terpaut ketinggian sejauh delapan kaki dari akses jalan raya di daerah Kolbotn, Norway Selatan, Oslo.

Jarmund adalah sang arsitek yang mewujudkan mimpi tersebut. Sebuah rumah dirancang dan dibangun condong ke arah timur area itu. Jarmund membuatnya bergantung di atas lereng dengan kekuatan kolom baja yang ramping.

Akses masuk dibuat melalui tangga sepanjang lereng yang naik menuju dataran tinggi menuju rumah. 'Pintu masuk' ini sengaja dibuat untuk menonjolkan kesan dramatis yang timbul antara volume dan area di sana.

Interior dibentuk dengan memotong ke arah tangga masuk secara horisontal. Kamar mandi dan kamar tidur dibuat efektif dengan memanfaatkan ruang-ruang kosong sepanjang koridor. Sedikit meresahkan, karena rumah yang didirikan terlihat sangat kokoh, sedang tanah yang menyangganya terkesan rapuh. Namun itulah keistimewaan dan keajaiban rumah ini!

Dinding dengan interior ala birch yang ditutupi dengan kayu lapis, sedang pada bagian luarnya menggunakan warna-warna natural berwarna papan semen. Struktur utama yang digunakan pada rumah ini adalah baja. Lantai dipoles dengan beton bertulang. Kaca-kaca besar dan bening yang terpampang di dinding menambah kesan luas dan megah. Sangat kontras dengan tajam dan curamnya bebatuan, rumah ini memiliki banyak sudut lancip.

Berani menempati rumah di pinggir jurang ini?


 SUMBER

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons