Sabtu, 12 Februari 2011

10 Fakta Tentang Steve Jobs


1. Steve Jobs Orang Syria

 
Anda tidak mengira 'kan? Steve diadopsi ketika bayi. Ayah kandungnya seorang dosen FISIP di Syria dan beragama Islam. Ibunya adalah salah satu mahasiswa sang ayah. Steve diserahkan untuk adopsi supaya ibunya bisa lulus kuliah dan karena orang tuanya tidak menikah. Mereka kemudian menikah dan memiliki anak perempuan yang kemudian menjadi dosen dan penulis novel terkenal. Steve dan adiknya bertemu saat dewasa.

2. Mereka Hanya Lulusan SMA


Steve diangkat anak oleh Paul dan Clara. Calon orang tua angkatnya berbohong mengenai pendidikan mereka. Belakangan diketahui bahwa ibu angkatnya tidak pernah lulus kuliah dan ayahnya DO dari SMA. Namun dengan berbagai cara, akhirnya mereka berhasil menyekolahkan Steve hingga kuliah.

3. DO dari Kampus

 
Jobs kuliah di Reed College di Portland dan keluar enam bulan kemudian. Yang menarik adalah, Jobs tetap menghadiri kelas yang dianggapnya menarik selama 18 bulan setelah keluar. Termasuk kelas kaligrafi (mungkin di kelas inilah dia belajar menggambar Apel).

4. Menjadi Hippie

 
Setelah DO dari kampus dan magang selama musim panas di Atari, Jobs berkelana backpacking ke India. Di sanalah Jobs pindah ke agama Budha, mencukur botak kepalanya dan bereksperimen dengan LSD. Jobs mengklaim saat itulah momen terpenting dalam hidupnya. Bukan mencukur botaknya ya..

5. A = Apple and Also, Money

 
Steve Jobs bersama Steve Wozniak dan Ronald Wayne dari Atari mendirikan Apple Computer, Inc tanggal 1 April 1976.
Ini fakta menyedihkan: Wayne menjual 10% sahamnya seharga $800. Padahal harga sahamnya saat ini mencapai $22 milyar... Ck..ck..

Beberapa tahun pertama, Apple menjual perangkat komputer. Apple I dijual tahun '76, Apple II tahun '77, Apple III tahun '80, Lisa tahun '83 dan MacIntosh tahun '84. Saat itulah grafik penjualannya menanjak eksponensial.


6. 1984
 
Di tahun 1984 Apple membuat iklan untuk Super Bowl. Awalnya Wozniak membenci iklan tersebut, bahkan dia rela mengeluarkan biaya supaya iklan tersebut tidak tayang. Namun Jobs tetap ingin menayangkannya. Akhirnya iklan tetap berjalan, dan sayangnya mereka tetap rugi.

7. Dipecat

 
Pada usia 30 tahun, Jobs dipecat oleh para komisaris dari perusahaan yang didirikannya sendiri. Berkat pemecatannya tersebut, Jobs mendirikan perusahaan baru, NeXT, yang fokus pada komputer untuk perkuliahan dan bisnis. Meskipun usaha tersebut gagal, dia berhasil menciptakan sistem operasi modern. Gara-gara hal itu, Apple membeli sistem operasi tersebut dan meminta Jobs kembali ke Apple. HEBAT!

8. Jobs Dirikan Pixar

 
Jobs membeli Pixar pada tahun 1986 ketika namanya dulu masih membosankan: Graphics Group. Saat itu Pixar bahkan bukan studio animasi, melainkan penjual perangkat keras grafik untuk rumah sakit. Tahun 1990, Jobs menjual divisi perangkat keras tersebut dan fokus kepada animasi. Dua tahun kemudian Pixar bekerja sama dengan Disney membuat tiga film dan MELEDAK!

9. Gaji Anda Mungkin Lebih Besar dari Steve Jobs

 
Jobs hanya dibayar 1 dolar setahun dari Apple tapi dia juga memiliki 130 juta saham Disney dimana dividennya sekitar $50 juta per tahun.

10. Trivia

 
Jobs tidak makan daging, kecuali ikan.
Dia pernah kencan dengan Joan Baez (penyanyi folk Amerika)
Steve ternyata menjadikan The Beatles sebagai inspirasinya dalam berbisnis. "The Beatles saling menyeimbangkan satu sama lain", begitu menurut Steve. Hal hebat dilakukan oleh tim, bukan satu orang saja.
Tahun 2008, Jobs dan Apple pernah dituntut untuk penipuan karena masalah saham.
Fortune Magazine menjulukinya CEO dekade ini, karena hingga saat ini belum pernah ada orang yang bisa menggantikannya. Mungkin Anda bisa?
 


Sumber: http://techno.ghiboo.com/fakta-1-ayah-steve-jobs-seorang-muslim-syria 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons