Senin, 18 November 2013

Hilangkan Bau Mulut Dengan 5 Hal Ini



Halitosis adalah bau tak sedap pada mulut yang disebabkan banyak faktor, bau mulut memang menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderita serta akan menimbulkan kesan yang buruk bagi siapapun yang berinteraksi dengan penderita.

Menurut Drg. Andrew Chandra Luwuk. Sp.KG selaku Spesialis Konservasi Gigi disalah satu satu rumah sakit jakarta menyebutkan bahwa Bau mulut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adanya kondisi gigi yang berlubang, tambalan amalgam, tambalan yang pecah, atau memakai gigi tiruan. Selain itu, beberapa penyakit menyebabkan bau mulut, seperti penyakit diabetes atau minum obat-obatan tertentu. Cara penanganannya, periksakan gigi Ibu ke dokter gigi. Untuk dapat membantu dokter melakukan diagnosa yang tepat, perlu ada rontgent foto panoramik .

Nah berikut ini merupakan tips selengkapnya 5 cara ampuh menghilangkan bau tak sedap pada mulut :

1.Mengunjungi dokter gigi

Melakukan pemeriksaan gigi adalah cara yang ampuh untuk mengusir bau tak sedap pada mulut, karena beberapa tipe bakteri yang terdapat pada bagian-bagian mulut terutama gigi dapat menciptakan plak, nah plak inilah yang harus dihilangkan dengan membutuhkan tenaga profesional karena juga bisa mengakibatkan gigi berlubang.
Periksa hidung
Bau yang muncul dari dalam hidung juga menjadi pemicu bau mulut, ini bisa terjadi dikarenakan infeksi sinus atau adanya bakteri dalam hidung, untuk mengatasi permasalahan ini bisa menggunakan saline nasal wash yaitu obat tetes hidung bergaram namun jika masalah terus berlanjut disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter THT.

2.Batu Amandel

Ya batu amandel merupakan sejumlah bakteri dan mikroba yang menumpuk membentuk seperti semak penuh rongga, batu amandel juga akan memberikan kontribusi besar terhadap halitosis. Hilangkan batu amandel dengan sejenis alat yang disebut waterpik yang akan menyemprotkan air bertekanan tinggi ke amandel, namun apabila tonsil sudah cukup besar maka diperlukan adanya oprasi untuk menghilangkan amandel tersebut.

3.Memperbaiki pola makan

Bawang bombay dan bawang putih merupakan bahan makanan yang bisa menyebabkan bau nafas, baunya tidak hanya muncul dikarenakan sisa makanan yang menyelip pada gigi saja namun zat kimia dari makanan dibawa dibawah darah kedalam sel dan dihembuskan oleh paru-paru dari hembusan inilah akan menimbulkan bau yang tak sedap. Penderita dalam kasus ini seharusnya menutupinya dengan pencuci mulut seperti buah-buahan atau perment mint dan hindari makanan tertentu.

4.Memeriksa perut Ke dokter

Jika beberapa langkah sudah dilakukan namun bau mulut tak kunjung hilang sebaiknya Anda kedokter untuk memeriksa permasalahan didalam perut, karena aroma yang tak sedap pada mulut bisa saja terjadi akibat produksi asam yang berlebih disebut asam refluks.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons