Senin, 13 Desember 2010

6 Cara Penyembuhan Penyakit yang Tidak Biasa





Vera Farah Bararah - detikHealth

Jakarta, Berbagai cara bisa dilakukan orang untuk menyembuhkan penyakitnya meski terkadang cara-cara aneh dilakukan dalam proses penyembuhannya. Ini dia 6 cara penyembuhan penyakit yang tidak biasa.

Cara yang terbilang tidak biasa ini ternyata diketahui memang bisa bermanfat bagi masyarakat. Seperti dikutip dari Menshealth, Kamis (28/10/2010) ada 6 cara penyembuhan penyakit yang tidak biasa, yaitu:

1. Menggunakan didgeridoo untuk gangguan tidur

Mungkin banyak orang yang tidak tahu didgeridoo, yaitu terompet kayu panjang yang telah digunakan selama berabad-abad oleh masyarakat Aborigin di Australia. Dalam British Medical Journal (BMJ) dilaporkan 25 orang yang mengalami gangguan tidur apnea menjadi lebih banyak tidurnya setelah menggunakan didgeridoo selama 4 bulan.

"Dengan didgeridoo, getaran yang dilakukan bisa melatih jaringan di mulut dan tenggorokan sehingga otot menjadi lebih kuat dan lidah memiliki sedikit kecenderungan untuk menghalangi jalan napas," ujar peneliti Milo Puhan, PhD.

2. Teks pesan untuk berhenti merokok

Peneliti di University of Auckland, Selandia Baru meneliti orang yang ingin berhenti merokok. Diketahui orang yang menerima teks pesan harian berisi tips tentang hasrat untuk melawan dan kata-kata motivasi dari orang yang sudah berhenti lebih memungkinkannya untuk berhenti merokok. Hal ini karena setiap hari orang selalu membawa telepon selulernya, sehingga menjadi cara akses yang mudah untuk memberikan bantuan.

3. Melawan sakit punggung dengan musik

Peneliti Clevelend Clinic menemukan bahwa orang yang memiliki gangguan sakit punggung akan mengalami penurunan rasa sakit sekitar 20 persen, jika ia mendengarkan musik selama 1 jam setiap harinya. Berbagai jenis musik memiliki efek yang sama, tapi sebaiknya volume yang digunakan tidak terlalu keras.

"Hal ini karena musik bisa mengganggu pikiran seseorang dari rasa sakit dan juga membuat otot menjadi rileks. Tapi jika volumenye terlalu keras akan membuat kadar kortisol meningkat, sehingga tidak memberikan manfaat apa-apa," ujar Sandra Siedlecki, PhD.

4. Mengalahkan bau mulut dengan cahaya biru

Peneliti dari Hebrew University Hadassah School of Dental Medicine melakukan studi dengan cara memaparkan air liur pada berbagai panjang gelombang cahaya. Didapatkan warna biru bisa menginduksi produksi radikal bebas oksigen yang berbahaya bagi bakteri anaerob, yaitu bakteri penyebab bau mulut.

5. Buah cerry untuk memperbaiki otot

Diketahui mengonsumsi 2 kali jus cerry setiap hari bisa memberikan kekuatan 18 persen lebih besar pada otot dan juga membuat rasa sakit lebih cepat pergi. Hal ini karena konsentrasi antioksidan dalam buah cerry bisa membantu mengurangi peradangan dan meminimalkan microscopic muscle tears yang terjadi selama kontraksi otot.

6. Botox untuk gangguan pembesaran prostat

British Journal of Urology Internasional melaporkan bahwa laki-laki dengan pembesaran prostat yang diberikan suntikan botox akan mengurangi dorongan untuk buang air kecil. Hal ini karena botox dipercaya bisa membantu melawan pembesaran prostat dengan cara memblokir saraf utama yang berkontribusi terhadap produksi sel prostat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons