Selasa, 02 November 2010

Liburan Irit ke Jepang


PESONA Jepang merupakan salah satu yang termahal. Survei terbaru mengenai biaya hidup mencatat, Tokyo dan Osaka sebagai dua kota teratas untuk biaya hidup paling mahal di dunia.


Meskipun begitu, Anda sebagai pelancong dengan anggaran terbatas tidak perlu khawatir. Masih ada cara untuk merasakan pengalaman di Jepang, dan inilah beberapa tips yang  bisa membantu Anda.


1. Membuat rencana
Anda dapat meminimalkan biaya perjalanan jika membuat rencana ke depannya. Dengan begini, Anda bisa mengambil keuntungan mulai dari kereta api dan penerbangan internal murah (menggunakan airpasses).


Beberapa diantaranya hanya tersedia untuk orang asing, dan sering hanya tersedia untuk pembelian di luar Jepang. Anda juga dapat menyimpan banyak uang dengan perencanaan dan mengutamakan berbagai atraksi yang ingin dilihat.


2. Bepergian
Jika Anda tinggal di Jepang selama tiga minggu dan akan melakukan banyak perjalanan, JR Pass adalah cara terbaik untuk berhemat. Perlu dicatat bahwa Anda perlu membeli semacam bukti penukaran dari kantor penjualan resmi atau agen sebelum datang ke Jepang.


Ada juga berbagai Air Passes yang sangat berguna jika Anda ingin melakukan perjalanan jauh di Jepang, misalnya untuk mengunjungi pulau-pulau selatan seperti Okinawa. Setiap operator memiliki Air Passes sendiri dengan harga dan rute yang berbeda.


3. Akomodasi
Ini adalah kebutuhan mahal lainnya di Jepang, jadi cobalah layanan Couch Surfing ([url]www.couchsurfing.org[/url]) jika Anda mempunyai anggaran terbatas. Jika tidak, akomodasi termurah di Jepang berkisar antara youth hostel dan asrama. Ada juga perkemahan murah di seluruh Jepang tetapi beberapa diantaranya tidak dapat diakses.


Untuk pengalaman yang tak terlupakan dan benar-benar Jepang, Anda bisa menghabiskan satu atau dua malam di berbagai penginapan tradisional, biasanya disebut Minshuku atau Ryokans. Ini tidak selalu pilihan yang paling murah, tapi benar-benar bermanfaat untuk pengalaman oriental Jepang.


4. Relawan
WWOOF di Jepang adalah skema relawan yang sangat baik, dimana Anda hanya mengeluarkan biaya 5.500 Yen (sekitar Rp592 ribu) per tahun. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menyelami cara hidup dan budaya Jepang.


WWOOF biasanya akan memberikan kamar gratis sebagai imbalan atas pekerjaan beberapa jam per hari, biasanya 4-6 jam. Pekerjaan yang Anda lakukan bervariasi dari rumah ke rumah, ini juga bisa menjadi kesempatan besar untuk belajar keterampilan baru.


5. Makan seperti penduduk lokal
Makanan di Jepang tidak mahal seperti yang Anda pikirkan, dan untungnya, sangat mudah untuk menemukan makanan murah karena restoran biasanya menampilkan menu bersama dengan harga di luar pintu.


Sebagai contoh, Anda bisa mencoba semangkuk soba, udon atau ramen dengan harga mulai dari 250 yen (sekitar Rp26 ribu). Atau mencoba sushi dengan harga sepiringnya mulai dari 100-200 yen (sekitar Rp10 ribu-Rp21 ribu).


6. Tur gratis
Pada siang hari, tujuan terbaik adalah kuil-kuil, museum dan atraksi lainnya. Anda bisa memulai membuat rencana untuk menemukan berbagai tempat wisata dan atraksi yang tidak mengenakan biaya. Ini adalah cara yang baik untuk merasakan pengalaman budaya dan sejarah Jepang.


Atau Anda bisa memeriksa seperti Tokyo Museum Grutt Pass yang memberikan Anda akses ke 66 fasilitas selama lebih dari dua bulan. (unearthingasia.com/*/X-12)




http://www.mediaindonesia.com/mediatravelista/index.php/read/2010/10/13/1507/3/Liburan-Irit-ke-Jepang

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons